Model Pengembangan Kurikulum
Note: 20 Maret 2015
Sebuah langkah. Dimulai dengan mendesain => merealisasikan => Evaluasi (memperbaiki/menyempurnakna kembali.
1. Tyler => berdasarkan beberapapertanyaan tujuan yang muncul => Tujuan pendidikan (Hakikat Peserta Didik, Kehidupan Masyarakat masa kini, Pandangan Para Ahli). 2) menetukan proses belajar. 3) menentukan pengalaman belajar, 4).menetukan Evaluasi Pembelajaran.
2. Model Administratif ( dimuali dari tingkat atas sebagai tim pengarah => ke bawah)
3. Model Grass Roots => idenya muncul dari para guru ke atas,,,harus diantisipasi, karena pandangan para guru akan berbeda-beda
4. Demonstrasi (ditunjuk dari pemerintah kepada guru untuk melakukan eksperimen ) dan bagi guru-guru yang tidak puas melakuan uji coba secara mandiri.
5. Model Miller S ( menguji Klasifikasi Orientasi, pengembangkan tujuan, identifikasi mengajar,Implementasi berdasarkan langkah-langkah)
6. Model Taba => Pengembangan dari Tyler => pemusatan kepada Guru, mempercayai bahwa guru merupakan faktor utama dari pengembangan kurikulum.
7. MOdel Beauchamp => 1. Menentukan arena yang akan menjadi cakupan kurikulum, 2. Menetapkan Personalia, 3. Organisasi dan prosedurnya, 4. Implementasi Kurikulum
Organisasi Kurikulum.
Kurikulum lebih luas dari sekedar rencana belajar.
Organisasi Kurikulum memiliki dampak terhadap masalah administratif.
ia merupakan pola untu mempermudah siswa dalam melakukan kegiatan belajar.
Prinsipnya:
Ruang lingkup, urutan bahan,keseimbangan , continuitas, keterpaduan.
2 Aspek yang harus selalau dipertimbangkan
Subtansi kurikulum,keseimbanagn berkaitan dengan cara,.
Organisasi Kurikulum memiliki dampak terhadap masalah administratif.
ia merupakan pola untu mempermudah siswa dalam melakukan kegiatan belajar.
Prinsipnya:
Ruang lingkup, urutan bahan,keseimbangan , continuitas, keterpaduan.
2 Aspek yang harus selalau dipertimbangkan
Subtansi kurikulum,keseimbanagn berkaitan dengan cara,.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar